Ini Dia Bahaya Makan Pedas Terlalu Banyak



Ini Dia Bahaya Makan Pedas Terlalu Banyak [ www.BlogApaAja.com ]

Ragam masakan Indonesia kaya akanrempah-rempah dan cenderung pedas. Bahkan, bagi kebanyakan orang tidak bisamakan kalau tidak menggunakan sambal. Padahal jika Anda kebanyakan makanmakanan pedas, akan menyebabkan perut mulas, melilit, atau diare. Tunggu dulu,seperti yang dirangkum dari Health Me Up, ternyata terlalu banyak makan makananpedas, bisa menyebabkan beberapa penyakit kronis seperti di bawah ini.

1. Refluks Asam



Refluks asam adalah pengaliran kembali isilambung ke dalam kerongkongan. Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri,peradangan, serta kerusakan kerongkongan. Makanan pedas pada dasarnya merupakankombinasi asam. Ketika terlalu banyak asam masuk kedalam perut, maka akanberpotensi merusak dinding lambung.

2. Gastritis (Maag) Akut



Gastritis disebabkan peradangan dari mukosalambung, membran yang melapisi perut. Serangan ringan gastritis terkadangdirasakan sesekali. Namun kebanyakan

orang berpikir itu hanyalah gangguanpencernaan sederhana. Gastritis akut biasanya ditandai dengan gejala sepertimuntah, mual, demam, diare, serta sakit kepala.

3. Ulkus Gaster (Tukak Lambung)



Makanan pedas dapat menyebabkan luka padalapisan mukosa yang sensitif atau pada usus kecil, yang biasa disebut duodenum(ulkus duodenum), atau juga di esofagus (ulkus kerongkongan). Tukak lambungyang menyakitkan biasanya menyebabkan rasa terbakar di perut, mual, muntah, danpenurunan berat badan.

4. Insomnia



Konsumsi makanan pedas meningkatkan temperaturtubuh yang menyebabkan insomnia. Sebaiknya hindari memakan makanan pedas saatmakan malam.

5. Kehilangan Nafsu Makan



Makanan pedas aman dikonsumsi jika masih dalambatas yang wajar. Kebanyakan orang biasanya memakan makanan pedas 3 hingga 4kali seminggu.

Agar tidak mengalami gangguan perut, Pecintamakanan pedas sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut:

- Makanan pedas hanya boleh dikonsumsi dalammakanan utama, bukan cemilan.

- Hindari mengkombinasikan gorengan berminyakdan makanan pedas yang dapat meningkatkan produksi asam lambung.

- Hindari memakan makanan pedas saat makantengah malam.

- Minum susu dapat menetralkan produksi asamkarena makanan pedas.

- Jika Anda mengalami masalah pencernaankarena makanan pedas, minum obat antasida satu jam setelah makan dan sebelumtidur.


Follow On Twitter