7 Jurus Agar Kamera Tidak Dirampok Saat Memotret



Beragam destinasi dapat Anda abadikan dalam kamera saat traveling. Anda pun bisa berpose dengan latar pemandangan yang eksotis. Agar kegiatan foto-foto menyenangkan dan terhindar dari perampokan, ikuti 7 tips penting ini.



Kamera adalah barang yang wajib dibawa saat Anda traveling. Gadget ini akan membingkai setiap destinasi cantik yang Anda lewati. Tak sedikit juga, traveler yang berfoto narsis dengan kameranya di tiap objek wisata.

Tapi, ada baiknya Anda mengingat faktor keamanan. Kamera yang Anda bawa dapat memancing pelaku kejahatan untuk mengambilnya. Tenang saja, ada banyak cara agar kamera bawaan Anda aman dari perampokan.

Dilansir Matador Network, Senin (18/3/2013), inilah 7 tips penting anti perampokan saat memotret di suatu destinasi:




1. Gunakan tali kamera

Hal paling utama untuk menjaga kamera adalah menggunakan tali kamera. Pasang tali kamera Anda dengan benar dan kalungkan pada badan Anda. Selain itu, kaitkan tali kamera ke tangan Anda saat memotret suatu objek.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda tidak akan terlepas dari kamera. Ini pun akan menyulitkan para pelaku kejahatan untuk menyolong kamera dari tangan Anda.




2. Sebaiknya jangan memotret sendirian

Para pelaku kejahatan biasanya menyerang turis yang sedang memotret sendirian. Untuk itu, baiknya Anda ditemani teman atau traveler lainnya saat memotret di suatu tempat.

Dengan adanya teman yang mengawasi, Anda dapat merasa lebih aman dan lebih nyaman saat menjepret kamera. Hal ini dapat mengurangi risiko dari perampokan.




3. Buat kamera Anda terlihat murah

Ada kebanggan tersendiri saat Anda memotret dengan kamera yang mahal dan canggih. Tapi, justru hal tersebut akan memancing para pelaku kejahatan untuk mengambilnya.

Beragam trik dapat membuat kamera mahal Anda menjadi terlihat murah, seperti menutupi merk kamera dengan selotip. Kamera yang tidak terlihat mahal, mungkin mengurangi niat para perampok untuk mencurinya dari Anda.




4. Jangan terlihat panik

Jangan terlihat terburu-buru atau panik saat membawa kamera. Melangkahlah dengan tenang dan penuh percaya diri. Anda harus tahu ke mana akan berjalan dan objek foto yang akan dipotret.

Para fotografer profesional selalu melakukan hal tersebut. Mereka tidak celingak-celinguk di suatu objek. Mereka tahu apa yang akan dilakukan setelahnya. Hal ini pun akan mengurangi tindak kriminal pada Anda.




5. Meminta izin terlebih dulu

Jika Anda ingin memotret warga lokal, maka jangan lupa untuk meminta izin terlebih dulu. Baiknya, Anda bisa mengobrol kepada mereka dan mendekatkan diri.

Cara ini dapat membuat hubungan yang harmonis. Anda dapat memotret mereka dengan nyaman dan mereka pun tidak terganggu dengan Anda. Kamera pun bisa aman di tangan tanpa takut ada warga yang menggangu.




6. Simpan kamera Anda di tempat yang bisa terlihat

Jaga terus kamera dan simpanlah di tempat yang dapat terlihat. Jangan menaruh kamera sembarangan, baik di hotel atau di tempat makan. Simpan kamera Anda di dalam tas dan awasilah setiap saat!




7. Pakai insting Anda

Jika Anda merasa tidak nyaman atau gelisah di suatu objek, gunakan insting Anda. Lihatlah keadaan sekitar, apakah ada seorang yang dari tadi mengawasi Anda atau kejanggalan lainnya.

Tinggalkan tempat tersebut secepatnya. Anda bisa mengambil gambar yang tak kalah bagus di tempat lainnya. Keselamatan Anda adalah yang nomor satu. Tapi ingat, simpan kamera dengan benar dan jangan sampai tertinggal saat meninggalkan tempat tersebut.

Itulah 7 tips yang dapat membuat Anda merasa aman dan nyaman saat memotret di suatu destinasi. Jaga baik-baik kamera Anda! Karena bukan mahalnya harga kamera tersebut, melainkan potret-potret cantik suatu lanskap alam, budaya, atau kehidupan masyarakat yang menjadi kenang-kenangan tidak ternilai harganya.

Follow On Twitter