Iini Dia Dalang Dibalik Rasa Unik Coca Cola



Minuman ini tentunya sudah sangat terkenal diseluruh dunia, dan pastinya kita masih penasaran dengan cita rasa yang beradadi minuman berkarbonasi itu. Inilah penjelasannya.

Cita rasa Cola yang sering kita minum ituberasal dari sebuah kacang kola, kacangkola itu berasal dari buah pohon Cola Vera, Cola acuminata, atauCola nitida, genus asli hutan hujan tropis di Afrika. Dalam bentuknya yangmasih segar kacang ini berwarna putih. Tapi setelah dikeringkan, warnanyaberubah menjadi merah kecokelatan. Dalam satu buah kola saja di dapat sekitar12 biji.

Iini Dia Dalang Dibalik Rasa Unik Coca Cola [ www.BlogApaAja.com ]

Aroma yang dikeluarkan dari kacang tersebutseperti mawar. Saat kacang tersebut awalnya terasa pahit, berangsur-angsurkacang itu menjadi manis jika di kunyah. Untuk mendapat ekstraknya, kacang kolabisa direbus. Karena kacang tersebut mengandung kafein seperti kopi, sebaiknyakalau Anda mau menggunakan kacang tersebut cukup di giling saja.

Kacang kola mulai di gunakan sebagai perasauntuk minuman terjadi di tahun 1800. Ahli farmasi di Georgia, yang bernama JohnPemberton mengambil ekstrak kola dan juga daun cola (sebagai bahan pembuatkokain). Keduanya lalu dicampur dengan gula, air berkarbonasi, sertabahan-bahan lainnya hingga akhirnya menjadi minuman cola pertama. Akuntannyamencoba ramuan ini dan menyebutnya Coca-Cola.

Penggunaan kokain dalam soft drink sangat dilarang di Amerika setelah tahun 1904. Nah, sejak saat itu Kola tidak lagi digunakan dalam resep asli Coca-Cola itu sendiri. Minuman yang masih eksis inikalau kita minum seperti masih terasa kacang kolanya, tapi rasa itu terbuatdari bahan perasa sintetis.

Iini Dia Dalang Dibalik Rasa Unik Coca Cola [ www.BlogApaAja.com ]

Tahukah Kamu, kacang kola itu ternyatamanfaatnya banyak loh.. selain untuk citra rasa dari Coca-Cola, ternyata kacangkola memainkan peran yang sangat penting dalam budaya Nigeria, terutama sukuIgbo. Fungsinya bermacam-macam, mulai dari benda untuk sesajen, upacara,meramal, menyambut tamu, hingga menyembuhkan berbagai penyakit. Hebat Kan..

Menurut Ghana Web, kacang kola itu di dalamnyamengandung kafein, tannin, phlobaphens, kola red, betaine, protein, tepung,lemak, thiamine, riboflavin, dan niacin. Selain itu dari Journal of theAmerican Medical Association menganjurkan bahwa penggunaan kola hanya sebagaistimulan saja. Sebenarnya, kola sendiri tidak menimbulkan adanya ketergantungandan juga tidak menyebabkan depresi bagi yang meminumnya.

Beda dengan pendapat Ghana Web, di baratUganda kacang kola ini ternyata di anggap sebagai meningkatkan kejantanan.Waauuuwww!!, menurut eksiklopedia Britannica, di Brazil bahwa kacang kola itudipakai sebagai obat herbal untuk mengetasi keracunan dan mabuk. Tapi, khasiatini tidak terdapat pada minuman soda seperti Coca-Cola.

Follow On Twitter